fbpx
relief ukir jati

4 Varian Relief Ukir Jati Penyesuai Gaya Tradisional Ruangan

|August 7, 2022 | Blogs

Sejauh ini kita sudah tahu jika furniture jati cenderung dijual dengan harga mahal berkat kekuatan dan relief ukir yang dimilikinya.

Bahkan tingkat kekerasan dan daya tariknya yang dimilikinya jugalah, jati lebih mudah diukir dibandingkan dengan jenis kayu lainnya.

Tak heran jika kayu jati sudah sering digunakan di seluruh Nusantara dan belahan dunia.

Di Indonesia sendiri setidaknya ada 4 tipe ukiran jati yang terkenal hingga ke mancagenara.

Semisal kamu memang berniat untuk membeli furniture jati berkat keindahan ukirannya tersebut, maka pastikan ketahui dulu jenis-jenis yang biasa dibuat custom di Indonesia.

Silahkan sesuaikan dengan tema bangunan yang tengah diusung saat ini dengan 4 pilihan relief ukir jati berikut.

Ukiran Khas Bali

ukiran khas bali

Kita mulai dengan ukiran jati Indonesia yang paling terkenal hingga ke mancanegara, yakni ukiran khas Bali.

Ukiran ini biasanya menggunakan lambang-lambang wajah Dewa yang berasal dari ajaran Hindu.

Tetapi terdapat pula gaya-gaya sederhana yang menggunakan gaya simetris dan sarat akan pola tanaman seperti daun dan bunga.

Bahkan masing-masing daerah di Pulau Dewata Bali ini memiliki gaya dan ciri khasnya sendiri.

Tetapi varian yang paling banyak dikejar orang adalah hasil karya seni dari Ubud dan desa-desa di sekitarnya.

Ukiran kayu Bali ini mengalami periode transformasi pada pertengahan abad kedua puluh. Dengan begitu, kita pun akan menemukan guratan-guratan tradisional yang dipadukan dengan nuansa modern.

Ukiran Khas Dayak

ukiran kayu khas dayak

Dari Pulau Bali kita langsung menuju Kalimantan, di mana unsur ukiran kayu di pulau tersebut didominasi oleh suku Dayak.

Unsur khas dari ukiran Dayak sendiri dicirikan melalui sulir melengkung dan ujungnya yang meruncing, di mana menjadi salah satu simbol dari perjuangan suku Dayak selama berabad-abad lamanya.

Keunikan lainnya terletak pada pewarnaan. Berbeda dengan gaya seni ukir di tempat lain yang menggunakan warna dasar dari kayu jati, suku Dayak lebih doyan menghiasinya dengan warna terang seperti kuning dan putih.

Ukiran Khas Melayu

ukiran khas melayu

Dari suku Dayak, kita beranjak lagi menuju suku yang banyak mendiami di Pulau Sumatera, yaitu suku Melayu.

Bahkan ukiran khas Melayu ini tersebar luas hingga ke negara tetangga dan dijadikan sebagai bagian dari arsitektur utama hunian tradisional, terutama di negara Malaysia dan Singapura.

Tapi siapa sangka, ternyata ciri khas dari ukiran ini sangatlah dipengaruhi oleh unsur Arab sehingga ada kalanya kita mendapati ukiran kaligrafi tulisan Arab yang menyertainya.

Ciri khas dari relief ukir jati Melayu sendiri terletak pada rangkaian garis secara abstrak atau membentuk pola organik tertentu.

Berkatnya, ukiran khas Melayu bisa diaplikasikan di semua furniture, dimulai dari pintu depan hingga mimbar custom.

Ukiran Khas Jawa

ukiran khas jawa

Terdapat pula relief jati khas Jawa yang sekaligus menjadi seni ukir paling terkenal seantero negeri hingga menembus pasar internasional.

Ukiran khas Jawa ini berpusat di Jepara, yang sekaligus menjadi tempat bagi Menjagad Living berkreasi dalam membuat furniture custom dengan relief yang super khas.

Ukiran Jawa sendiri lebih berdominasi gaya alam, termasuk dedaunan, kelopak bunga, hingga kuncup yang disatukan dan disuguhkan ke dalam satu wadah.

Tentu saja, mengukir kayu Jati khas Jawa ini memerlukan ketelitian dan penjiwaan karena erat kaitannya dengan gaya hidup nenek moyang semenjak zaman kerajaan Majapahit ratusan tahun lalu.

Tak heran jika Menjagad Living memiliki para pengrajin berpengalaman yang siap menyuguhkan furniture custom sesuai pesanan.

Nah, khusus buat kamu yang tertarik akan furniture custom yang dihiasi dengan ukiran khas Jepara tersebut, maka segera hubungi kami di kontak yang telah disediakan.

Telepon: +62 878 3132 1679

Email: info@menjagad.com

Share this post:

Leave a Reply

Your email address will not be published.