fbpx
Menata Kamar Ruang Terbatas

5 Tips Untuk Menata Kamar Ruang Terbatas

|June 19, 2022 | Blogs

Tips menata kamar dengan ruang terbatas, ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Kamar tidur yang nyaman digunakan untuk beristirahat tidak harus kamar dengan space yang luas. Namun, memiliki kamar tidur dengan ruang terbatas kerap membuat kita bingung untuk menata barang didalamnya, terkadang malah menimbulkan kesan sumpek. Penempatan perabot dan pemilihan warna yang tepat dapat membuat ruangan jadi terasa lebih nyaman dan lebih lapang. Simak tips-tips yang sudah kami rangkum di slide berikutnya.

PEMILIHAN TONE/WARNA  RUANGAN DAN PENCAHAYAAN ALAMI

Kamar Natural Alami

Sebelum beranjak untuk menempatkan perabot, salah satu hal penting yang bisa kita pertimbangkan adalah memilih warna ruangan. Warna-warna terang yang netral seperti putih, krem, dan warna pastel akan membuat ruangan tampak lebih luas. Hal ini juga berlaku untuk bedsheet dan karpet yang kita gunakan. Kita juga dapat menambahkan tanaman sebagai warna aksen pada ruangan. Selain itu, pencahayaan alami yang memantul langsung ke dalam ruangan juga dapat membantu ruangan terkesan lebih terbuka dan terasa lebih lapang. Biarkan tirai terbuka dan letakkan tirai lebih tinggi sehingga memberi kesan langit-langit yang lebih tinggi.

MULAILAH DENGAN PERABOT YANG BERUKURAN BESAR UNTUK RUANG TERBATAS

Direct Sunlight

Tempat tidur atau ranjang mengambil bagian yang sangat penting dalam penataan kamar. Selain fungsi utamanya untuk merebahkan tubuh dan beristirahat, tempat tidur juga merupakan focal point dalam ruangan. Kita bisa mulai dengan layout simetris dengan tempat tidur ditengah.  Jika ruangan benar-benar terbatas, kita bisa meletakkan tempat tidur di sudut ruangan, jauhkan dari ambang pintu agar tidak mengganggu mobilitas. Kita dapat memberi jarak diantara tempat tidur dan tembok bertujuan untuk memudahkan penggantian bedsheet, serta memberi jarak minimal 60 cm untuk tempat tidur dan pintu.

MEMAKSIMALKAN FUNGSI PERABOT UNTUK KAMAR RUANG TERBATAS

Furniture Kamar Tidur

Selanjutnya kita bisa beralih ke perabot yang lebih kecil seperti lemari, meja, ataupun cabinet. Pikirkan kembali secara fungsi, perabotan apa saja yang benar-benar dibutuhkan didalam kamarmu. Perabotan kecil yang terlalu banyak justru akan membuat kamar terlihat berantakan. Kita dapat meminimalkan jumlah dengan memaksimalkan fungsi perabot seperti menggabungkan fungsi penyimpanan tertutup pada perabot yang lebih besar, misalnya dengan menambah laci dibawah dipan untuk menggantikan fungsi lemari, ataupun meletakkan drawer disamping tempat tidur sebagai side table. Kamu dapat merancangnya secara custom dan menjagad living dapat membantu mewujudkannya!

PERLUAS VISUAL RUANGAN DENGAN MENAMBAHKAN CERMIN DI RUANG TERBATAS

Memperluas Ruangan Dengan Cermin

Pemilihan cermin tinggi atau cermin dengan ukuran full body di salah satu sisi kamar atau di sudut ruangan dapat memperbanyak cahaya dalam ruangan dan memiliki peran untuk menciptakan ilusi ruangan yang lebih lega. Kita juga dapat menyesuaikan frame cermin sesuai dengan gaya dan selera. 

ELEMEN DEKORASI YANG TIDAK BERLEBIHAN UNTUK KAMAR RUANG TERBATAS

Elemen Dekorasi Ruang Terbatas

Elemen dekorasi seperti poster/wall art ataupun foto memang akan menambah estetika dan menonjolkan statement pada ruangan, namun jangan sampai berlebihan karena akan menimbulkan kesan penuh pada dinding. Selain itu, hindari pemakaian bedsheet dengan banyak motif. Disarankan untuk menggunakan sprei polos atau dengan motif kecil sederhana dan warna senada dengan ruangan.

 

Tags:
Share this post:

Pandulaks

Designer

Petani dan tukang paruh waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.