fbpx

Langkah Mudah Memulai Sustainable Living dalam Kehidupan Sehari-hari

|August 7, 2021 | Blogs

Yang dimaksud dengan memulai sustainable living dalam kehidupan sehari-hari adalah menerapkan gaya hidup untuk lebih mengurangi penggunaan sumber daya alam. Selain itu juga harta pribadi oleh individu masing-masing maupun masyarakat. Salah satu contoh dari kegiatan ini adalah mengurangi jejak karbon dengan mengubah mode transportasi, konsumsi energi, dan konsumsi makanan.

Gaya hidup seperti ini memang sedang populer di kalangan anak muda. Sebab, gaya hidup sustainable seperti ini dipercaya sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan kelestarian alam.

Namun, meski menurut sebagian besar orang gaya hidup seperti ini cukup menarik untuk dicoba, ada juga beberapa orang yang menganggap gaya hidup sustainable cukup rumit dan mahal untuk dilakukan. Maka dari itu, semua tergantung dengan individu masing-masing apakah ingin memulainya atau tidak.

Memulai Sustainable Living

 Source : bonappetit.com

3 langkah mudah memulai sustainable living dalam kehidupan sehari-hari

Rumah Hemat Energi

Source :  www.historiasdecasa.com.br

Mengapa ada beberapa orang yang berpikir bahwa menerapkan gaya hidup menguntungkan seperti ini cukup rumit untuk dilakukan? Salah satu alasan terbesar dari pemikiran tersebut adalah merujuk pada aktivitas pengelolaan limbah dapur dan daur ulang barang bekas. Bagi sebagian orang, aktivitas seperti ini cukup menguras waktu jika dilakukan tidak dengan hati yang lapang.

Selain itu, gaya hidup seperti ini juga sering dikatakan cukup mahal untuk dilakukan karena untuk bisa menggunakan pakaian atau barang-barang sejenis ini yang ramah lingkungan. Seseorang harus mengeluarkan biaya yang mahal terlebih dahulu untuk membelinya. Maka dari itu, cukup banyak orang yang merasa sulit untuk memulai gaya hidup seperti ini.

Namun, sekarang Anda tidak perlu lagi khawatir karena kamu sudah bisa melakukan semua hal dengan mudah, dan tidak terkecuali mengenai hal ini. Berikut beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba ikuti untuk memulai gaya hidup sustainable dengan melakukan perubahan-perubahan sederhana yang ada di bawah ini:

Matikan lampu dan alat elektronik lainnya yang sudah tidak digunakan

Mematikan Alat Elektronik 

Source : www.reciclaredecorar.com

Meski bagi beberapa orang aktivitas ini sudah menjadi aktivitas rutin mereka, akan tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada banyak orang yang mengabaikan mengenai hal ini. Sebab, dengan mematikan lampu serta alat elektronik lainnya ketika sudah tidak digunakan lagi, maka hal ini sama saja dengan menghemat energi. Dengan menghemat energi, maka seseorang bisa dikatakan telah berhasil menghemat sumber energi dari fosil yang ada di muka bumi ini.

Tidak menggunakan kantong plastik ketika berbelanja

Mengurangi Kantong Plastik

Source : www.huffingtonpost.com

 Sama dengan poin pertama, masih ada banyak orang yang mengabaikan hal ini. Padahal, cara termudah untuk memulai sustainable living pada kehidupan sehari-hari adalah dengan mengganti kantong plastik menjadi tas belanja yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Jadi, ketika Anda pergi untuk berbelanja, pastikan Anda selalu membawa tas belanja sendiri supaya tidak membawa pulang belanjaan dengan menggunakan kantong plastik.

Membuka jendela dan ventilasi rumah secara rutin

Membuka Jendela Menghemat Energi
Source : monocle.com

 Siapa bilang aktivitas seperti ini tidak akan menguntungkan kehidupan manusia? Sebab, kenyataannya aktivitas sederhana ini sebenarnya memiliki dampak yang besar dalam kehidupan manusia. Dengan membuka jendela dan ventilasi rumah secara rutin, maka hal ini sama saja dengan menghemat energi, karena Anda jadi tidak perlu lagi menyalakan kipas atau pendingin ruangan.

Kesimpulan

Semua memang harus dimulai dengan tekad yang kuat. Jadi, jika Anda memang ingin memulai sustainable living dalam kehidupan sehari-hari, maka Anda perlu menguatkan tekad Anda terlebih dahulu. Ketika tekad Anda sudah benar-benar kuat, maka langkah-langkah selanjutnya akan terasa lebih mudah untuk dilakukan.

Share this post:

Pandulaks

Designer

Petani dan tukang paruh waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.