fbpx

Kenapa Harga Sebuah Furniture Bisa Bervariatif

|July 9, 2021 | Blogs

Kenapa Sebuah Furnitur Harganya Bisa Bervariatif?

Hal-hal Apa Sih Yang Sekiranya Mempengaruhi Harga Dari Sebuah Furnitur? Berikut Penjelasannya.

Pernahkah Anda membeli sebuah furnitur, baik itu produk jadi di sebuah toko maupun custom di sebuah workshop, dan bertanya-tanya mengapa harga sebuah furnitur bisa sangat bervariasi dan tidak jarang harganya terhitung mahal?

Seorang produsen atau partner yang baik tentu akan menjelaskan dan memberikan pengertian atas pertanyaan tersebut sehingga customer memahami kondisi yang ada. Namun, setiap produsen tentunya mempunyai strategi, penghitungan, ataupun standar tersendiri mengenai furnitur yang mereka produksi; apalagi dengan sebuah furnitur yang sudah mempunyai brand tersendiri.

Nah, kali ini Menjagad akan sedikit membahas tentang dapur produksi furnitur, terutama mengenai berbagai pertimbangan yang harus diketahui dalam proses penghitungan furnitur kayu solid dari awal hingga akhir sebelum memutuskan untuk membuat furnitur custom, agar bisa menentukan harga tersebut wajar atau overpriced. Berikut penjelasannya.

  1. Bentuk dan Desain

Source : https://www.yankodesign.com/2020/07/02/this-kitchen-cupboards-

Bentuk dan desain dari sebuah furnitur adalah segalanya. Hal tersebut mempengaruhi berbagai elemen mulai dari bahan baku, dimensi, spesifikasi material, hardware, tipe finishing, hingga lama pengerjaan sebuah produk. Masing-masing orang perlu untuk mengetahui tingkat kesulitan pengerjaan sebuah furnitur hanya dengan melihatnya, terutama untuk orang yang memiliki latar belakang di bidang produksi.

Tentunya sebuah furnitur dengan bentuk sederhana, cenderung berbentuk kotak dan simetris, akan lebih lebih mudah dikerjakan daripada furnitur yang banyak mengandung unsur lengkung dan asimetris. Begitu pula dengan fungsi, sebuah furnitur yang multifungsi tentunya akan lebih susah dikerjakan daripada yang hanya mempunyai satu fungsi.

Hal ini dipengaruhi oleh suatu sistem yang terkadang menerapkan hardware atau sparepart tersendiri. Banyaknya rak, laci, sekat, dan pintu dari sebuah lemari maupun cabinet juga mempengaruhi harga produksi dari sebuah furnitur karena menentukan banyaknya kayu yang akan dipakai.

  1. Dimensi

Source : https://pin.it/Maj4AK9

Secara logika, furnitur yang mempunyai dimensi besar tentunya akan mempunyai harga produksi yang lebih mahal. Meskipun demikian, terkadang dimensi tidak sepenuhnya menentukan hal tersebut. Namun, sudah dapat dipastikan apabila terdapat furnitur dengan desain yang sama namun ukurannya berbeda, harga produksinya pun akan berbeda, apalagi jika furnitur tersebut menggunakan kayu blok.

Beberapa dimensi spesial seperti halnya ukuran kayu diatas 200 sentimeter dan ketebalan kayu diatas empat sentimeter juga mempunyai harga yang spesial. Hal ini dipengaruhi oleh harga kubikasi kayu balok di pasaran yang sangat bervariasi. Harga kayu biasanya dihitung berdasarkan diameter tiap meter kubik (m3), dengan spesifikasi antara lain:

  1. DL ( kayu dengan diameter kurang dari 13 sentimeter),
  2. OP (kayu dengan diameter antara 13 hingga 19 sentimeter), dan
  3. OD (kayu dengan diameter antara 20 hingga 29 sentimeter).

Perlu diketahui juga jika bahan baku kayu spesial biasanya mempunyai harga hampir dua kali lipat dibandingkan harga kayu balok ukuran normal.

  1. Material

Source : https://pin.it/1Lt16xQ 

Pernahkah Anda mencermati spesifikasi material dari sebuah produk? Jika iya, Anda pasti menjumpai perbedaan harga dari masing-masing produk furnitur meskipun desain dan ukurannya sama. Seperti contoh, sideboard yang terbuat dari kayu jati pasti akan lebih mahal daripada yang menggunakan kayu mahoni.

Begitu pula dengan metal based furniture yang menggunakan bahan stainless tentunya akan lebih mahal daripada furnitur yang menggunakan bahan besi hollow biasa. Namun, setiap material pasti memiliki keunggulannya sendiri-sendiri, di samping harga tentunya.

Beberapa desain furnitur juga biasanya menggunakan kombinasi material untuk menunjang tampilan serta mendapatkan fungsi dan tujuan tertentu, seperti meja makan yang menggunakan kaki besi, atau lemari yang menggunakan anyaman rotan untuk pintu. Setiap material mempunyai perhitungannya masing-masing yang tentunya akan sangat mempengaruhi harga produksi sebuah furnitur.

Ingin mengetahui tentang bahan baku pembuatan furnitur secara lebih lanjut? Berikut kami urutkan bahan baku furnitur berdasarkan harga teratas hingga terendah.

  • Kayu

Source : https://pin.it/4S28nub 

Kayu Jati > Kayu Mahoni > Kayu Mindi – Kayu sungkai – Kayu Pinus > Kayu Suar/Trembesi. (Tergantung akan diameter dan panjang kayu balok yang digunakan untuk membuat sebuah furnitur).

  • Metal

Source : https://pin.it/4qFRoYn 

Stainless > Besi Galvanis hollow/pipa > Besi beton.

Perlu diketahui juga bahwa ketebalan sebuah besi hollow/pipa sangat berpengaruh terhadap harga produksi, jadi diperlukan pengetahuan akan spesifikasi dari sebuah produk berdasarkan fungsinya nanti.

Kulit > Bludru > Kanvas.

Secara keilmuan dasar akan seperti itu, namun di pasaran hal tersebut sangat tergantung pada merk atau brand suatu fabric. Kulit sintetis mulai banyak beredar sebagai alternatif penggunaan kulit. Fabric yang digunakan untuk furnitur outdoor juga akan sangat berbeda harganya jika dibandingkan yang digunakan untuk furnitur indoor.

  1. Detail

Source : https://pin.it/596hT9Y

Beberapa furnitur mempunyai spesifikasi detail yang juga harus dikerjakan dalam sebuah proses produksi, seperti kursi tamu klasik yang mempunyai banyak detail ukiran maupun pattern yang harus dikerjakan secara manual. Hal ini tentunya mempunyai tingkat kesulitan tersendiri dan memakan waktu produksi lebih lama daripada produk furnitur lainnya. Selain itu, masih banyak lagi detail yang mempengaruhi harga produksi sebuah produk, mulai dari bahan baku, konstruksi hingga proses finishing.

Meskipun begitu sebuah detail akan memberikan nilai plus tersendiri bagi sebuah produk. Seperti yang dikatakan desainer kenamaan Charles Eames, “The details are not the details, they make the design.” Jadi, sangatlah wajar apabila sebuah produk yang mempunyai banyak detail memiliki harga produksi yang lebih mahal.

  1. Hardware

 Source : https://pin.it/5W7h3Wx

Hardware furniture ‒disebut juga furniture fitting‒ menjadi salah satu komponen penting lainnya dalam sebuah furnitur. Pilihan hardware sangat berpengaruh terhadap kualitas sebuah furnitur. Hardware seperti tarikan laci, engsel pintu, rel sliding, hingga kunci pintu pun mempunyai berbagai merek di pasaran seperti Taco, Drola, Huben, Hafele, Blum dan sebagainya. Dan seperti biasa, setiap merk tentunya mempunyai standar harga dan kualitas yang berbeda pula.

Alangkah baiknya jika anda mendiskusikannya terlebih dahulu dengan produsen mengenai hardware yang akan digunakan pada furnitur anda, apalagi jika furnitur anda mempunyai sistem maupun fungsi yang masih jarang ditemui dalam dunia furnitur.

  1. Finishing

Source : https://pin.it/5W7h3Wx

Apabila kita ingin membuat furnitur sendiri atau dengan model custom, kita juga harus mengetahui jenis finishing apa yang cocok dengan furnitur yang kita inginkan. Setiap jenis furnitur mempunyai karakternya masing-masing yang tentunya sangat mempengaruhi hasil akhir dari sebuah furnitur. Pilihan finishing seperti duco, natural, bleaching, rustic, washed, dan sebagainya mempunyai harga yang berbeda karena dipengaruhi oleh tingkat kesulitan pengerjaan maupun kebutuhan dan harga sebuah bahan baku finishing.

Selalu diskusikan mengenai pilihan finishing anda kepada produsen anda. Setelah memilih jenis bahan finishing, sebaiknya diskusikan juga beberapa hal penting supaya hasil finishing furnitur kayu lebih maksimal seperti:

  • Pastikan bahwa kondisi furnitur kayu sudah benar-benar kering karena kadar air yang tinggi akan mengurangi kualitas finishing yang dihasilkan.
  • Proses finishing harus dilakukan dengan cermat bahkan diulangi lebih dari satu kali agar hasilnya benar-benar maksimal.
  • Pilih jenis finishing yang berbeda untuk setiap fungsi furnitur. Misalnya, furnitur outdoor patut dilapisi dengan bahan finishing yang ampuh menghadapi perubahan cuaca dan mencegah pertumbuhan jamur.
  1. Custom / Stock

Source : https://pin.it/4trKZap

Hal lain yang juga berpengaruh dalam harga sebuah furnitur adalah ketersediaan suatu barang. Furnitur yang mempunyai stok banyak biasanya lebih murah dibandingkan dengan furnitur custom, karena artisan dapat mengurangi biaya-biaya seperti waktu pembuatan pola. Begitu pula dengan bahan baku yang dapat dihitung secara lebih global, menghasilkan ongkos yang tentunya lebih rendah jika dihitung menjadi satuan.

Untuk itu, selalu tanyakan kepada produsen mengenai ketersediaan suatu barang, berapa lama waktu tunggu hingga furnitur tersebut tersedia. Kemudian juga apakah perlu membuatnya dari awal atau hanya tinggal mengulangi sebuah produksi.

Dari penjelasan di atas, Anda tidak perlu ragu lagi untuk membebaskan diri membuat furnitur khusus sesuai yang Anda inginkan. Dengan Menjagad Living, kami siap mewujudkan segala kebutuhan furnitur Anda mulai dari custom hingga projek dalam jumlah yang banyak.

“Solid wood furniture costs more than laminate or veneer, but when you buy solid wood, you’re making an investment in a quality pieces.”

 

 

 

 

 

 

 

Share this post:

Pandulaks

Designer

Petani dan tukang paruh waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.