fbpx

Mengenal Lebih Jauh Standart Ergonomi Furniture Rumah Tinggal

|August 7, 2021 | Blogs

Bagi sebagian besar orang di dunia ini, mereka tidak mengenal standart ergonomi furniture rumah. Pahal kenyatannya kenyamanan rumah adalah faktor utama di dalam kehidupan yang harus diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu sebagian dari mereka akhirnya mencoba mencari tahu mengenai standar ergonomi furniture di dalam rumah.

Semua jenis furniture yang tersedia di dalam rumah memang seharusnya memiliki desain yang ergonomi untuk memaksimalkan kenyamanan dan kemudahan bagi seisi rumah. Sebab, jika perhitungan konstruksi furniture yang ada di rumah tidak diperhatikan dengan baik. Hal ini dapat membuat kegiatan di dalam rumah tidak lagi terasa nyaman dan akan membuat tubuh terasa tidak sehat.

Pada artikel yang kami tulis ini, kami jelaskan lengkap seputar standar ergonomi pada furniture yang ada di dalam rumah dapat kami sampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Ketika seseorang berhasil memilih dan menggunakan furniture dengan desain ergonomi, maka kenyamanan dan kesehatan pengguna furniture tersebut dapat lebih terjaga.

Ergonomi Kursi Santai

Mengenal Ergonomi Furniture

Ergonomi Furniture Kursi

Source : djournal.com.ua

Istilah ergonomi itu sendiri berasal dari bahasa Yunani. Ergonomi terbentuk dari kedua kata yang diambil dari bahasa Yunani, yaitu ergon yang memiliki arti kerja serta nomos yang memiliki arti aturan. Jadi, jika diartikan menjadi 1 kalimat, ergonomi adalah sebuah aturan yang berhubungan dengan kegiatan bekerja.

Bagi orang-orang yang memang sudah tidak asing lagi dengan dunia furniture, tentu mereka pasti akan lebih familiar dengan istilah ergonomi ini. Sebab ketika seseorang sudah mengetahui betapa unggulnya furniture dengan desain seperti ini. Tidak dapat dipungkiri mereka pasti akan mencari furniture yang benar-benar memenuhi kriteria ergonomi.

Jika pengertian di atas adalah arti dari kata ergonomi itu sendiri, sekarang mari kita bahas pengertian dari desain ergonomi itu seperti apa. Proses kalkulasi yang dilakukan oleh pembuat furniture guna menentukan ukuran konstruksi yang tepat adalah arti dari desain ergonomi. Ketika proses perhitungan ini berhasil dilakukan oleh desainer furniture tersebut. Maka hasil akan lebih ideal dan mampu membuat penggunanya merasa nyaman serta tidak mengurangi fungsi utama dari furniture tersebut.

Tujuan Mengenal Ergonomi Furniture

Istilah ergonomi ini memiliki tujuannya sendiri, dan jika Anda masih belum paham dengan istilah menarik ini. Maka Anda bisa menyimak penjelasan mengenai tujuan ergonomi yang ada di bawah ini supaya dapat lebih mengenal mengenai istilah ergonomi:

  • Meningkatkan kesejahteraan fisik serta mental sang pengguna, karena dapat mencegah terjadinya penyakit yang bisa terjadi pada saat melakukan kegiatan.
  • Mengurangi resiko beban kerja serta mampu meningkatkan kepuasan kerja.
  • Mengelola dan mengembangkan jaminan sosial selama usia produktif maupun setelah usia produktif itu lewat.
  • Menciptakan keseimbangan dalam berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, teknis, budaya, dan lain sebagainya.

Selain memiliki tujuan yang menguntungkan seperti yang di atas, ergonomi juga memiliki manfaatnya tersendiri. Manfaat yang terdapat dari sebuah ergonomi adalah sarana yang berfungsi untuk meningkatkan kinerja terutama pada bagian ketepatan, keselamatan, serta energi dalam bekerja. Selain itu, manfaat lainnya dari hal ini adalah mengurangi waktu, biaya. Selain itu juga dapat mengoptimalkan sumber daya manusia melalui pelatihan dalam berbagai macam keterampilan yang ada.

Kedua manfaat ini nantinya dapat mengoptimalkan dan mengefisienkan waktu yang memberikan kenyamanan bagi para pengguna furniture yang digunakan di dalam rumah. Dengan kenyamanan ini, nantinya proses kerja akan berjalan dengan lebih lancar dan mudah.

 

Cara Menghitung Standart Ergonomi

Ergonomi Furniture Ruang Belajar

Souce : houseandgarden.co.uk

Untuk bisa mendapatkan furniture yang sesuai dengan standar ergonomi, perhitungan pada saat pembuatannya sangat perlu untuk diperhitungkan dengan baik. Sebab perhitungan ini tidak dapat dilakukan secara asal-asalan. Karena hal ini harus menyesuaikan dengan tingkat dari kenyamanan serta kemudahan dari sang penggunanya nanti.

Perhitungan ini nantinya akan dibuat berdasarkan prinsip ergonomi yang ada, supaya proses praktik tidak dilakukan secara sembarangan. Untuk kalkulasi atau perhitungan ergonomi sendiri, dapat dibagi menjadi 2 kelompok utama, yaitu pengguna Asia serta pengguna Kaukasia.

Setelah pembagian itu berhasil dilakukan dengan tepat, maka langkah selanjutnya adalah membaginya berdasarkan jenis kelamin dan umur dari sang pengguna furniture yang akan digunakan tersebut.

Dalam pembuatan furniture ergonomi ini, para pembuat furniture dan juga para produsen dapat membuat beragam furniture yang sesuai dengan peruntukannya. Jadi, pembuatan furniture dengan standar ergonomi seperti ini, dapat disesuaikan menurut penggunanya. Jika pengguna dari furniture tersebut masih anak-anak, maka ukuran furniture dapat disesuaikan dengan tubuh anak tersebut. Begitu pun juga jika furniture tersebut akan digunakan oleh orang dewasa untuk bekerja, maka ukurannya akan disesuaikan dengan tubuh orang dewasa tersebut.

 

Letak Furniture Dalam Rumah Menurut Ergonomi

Ergonomi Furniture Ruang Tamu

Source : foreignrooftops.com

Karena pembuatan dan proses perhitungan furniture yang berstandar ergonomi seperti ini selalu disesuaikan dengan kegunaannya. Hal ini membuat letak furniture tersebut nantinya juga tidak boleh dilupakan untuk diperhatikan dengan teliti. Contoh sederhananya adalah ketika seseorang menggunakan furniture standar ergonomi untuk diletakkan di ruang tamu. Dapat dipastikan furniture tersebut harus disesuaikan dengan ukuran serta desain dari barang-barang di sekitarnya. Dengan begitu, maka kenyamanan akan bisa diperoleh dengan lebih mudah.

Selain itu, ukuran dari furniture juga harus disesuaikan dengan kesan yang ingin Anda ciptakan. Jika Anda ingin lebih menyiratkan kesan yang adem, maka sesuaikan ukuran furniture hingga kesan tersebut berhasil tercipta. Sementara itu, jika Anda ingin memberikan kesan yang santai, maka Anda bisa membuat furniture seperti meja dan kursi yang berukuran rendah. Hal ini karena set meja dan kursi yang memiliki ukuran rendah dipercaya dapat lebih memberikan kesan yang santai.

Hal ini sangat berbeda dengan ukuran meja dan kursi yang tinggi. Ketika meja dan kursi memiliki ukuran yang tinggi, banyak orang yang percaya bahwa hal ini dapat memberikan kesan yang kaku dan formal. Jadi, agak tidak cocok untuk digunakan oleh orang-orang yang lebih menyukai kesan santai.

Hubungan Antara Ergonomi dan Interior

Sementara itu, pengaplikasian furniture sejenis ini juga wajib disesuaikan dengan keseluruhan elemen interior yang ada di sekitarnya. Dari mulai konstruksi rumah, konstruksi pintu utama, hingga tata letak furniture lainnya wajib diperhatikan dengan baik. Usahakan pengaplikasian furniture ini tidak akan mengganggu kegiatan penting lainnya.

Dikarenakan memiliki beberapa hal yang cukup banyak untuk diperhatikan. Hal ini membuat banyak orang berpikir bahwa penerapan furniture dengan standar dan desain ergonomi dapat dikatakan lebih rumit dengan furniture biasa. Namun, hal ini tidak mengherankan jika melihat fakta bahwa furniture ergonomi selalu memprioritaskan kenyamanan, kemudahan, serta kesehatan dari para penggunanya.

Jika Anda masih bingung dengan penjelasan mengenai standar ergonomi furniture di dalam rumah yang ada di atas, Anda bisa mencari informasi lanjutan mengenai hal ini di internet. Kami yakin Anda pasti bisa menemukannya dengan mudah. Selain itu, Anda juga bisa berkonsultasi mengenai hal ini ke ahli di bidang ini yang sudah berpengalaman. Dijamin Anda dapat langsung paham setelah berkonsultasi ke ahlinya.

Share this post:

Pandulaks

Designer

Petani dan tukang paruh waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.